CRITICAL JOURNAL REPORT
DI
SUSUN OLEH :
RATIH
ANDRIANI
KELAS :
B REGULER
DOSEN PENGAMPU : SEPTIAN PRAWIJAYA,
S.Pd, M.Pd
MATA
KULIAH : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (SEMESTER I)
JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya saya dapat menyelesaikan tugas critical
journal report
ini. Di sini saya mengkritik sebuah jurnal yang berjudul “Konsep Dasar
Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik” yang di tulis oleh Muhammad
Syamsussabri.
Saya mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu Bapak Septian Prawijaya, S.Pd, M.Pd sebagai dosen mata kuliah “Perkembangan
Peserta Didik”.
Saya telah berusaha dengan segenap tenaga
dan pikiran, tetapi karena kemampuan pengetahuan dan pengalaman yang masih
sangat terbatas maka dengan kerendahan hati saya menyadari bahwa tulisan ini masih jauh sempurna, baik isi, susunan maupun tata
bahasa. walaupun demikian harapan saya tentang tulisan ini dapat berguna dan
bermanfaat bagi yang membaca.
Oleh sebab itu
saya mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan tulisan ini.
Penulis,
Ratih
Andriani
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR
ISI................................................................................................ ii
A.
Identitas Jurnal........................................................................................ 1
BAB
I PENDAHULUAN............................................................................ 2
A.
Latar Belakang........................................................................................ 2
B.
Tujuan...................................................................................................... 3
C.
Subjek Penelitian..................................................................................... 3
D.
Metode Penelitian.................................................................................... 3
BAB
II ANALISIS JURNAL..................................................................... 4
A.
Sajian Materi Jurnal I............................................................................. 4
B.
Komentar Jurnal I................................................................................... 8
C.
Sajian Jurnal II........................................................................................ 8
D.
Komentar Jurnal II............................................................................... 11
BAB
III PENUTUP................................................................................... 12
A.
Kesimpulan............................................................................................ 12
B.
Saran....................................................................................................... 12
A. Identitas Jurnal
JURNAL
I
Judul : Konsep Dasar
Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta
Didik
Jurnal : Jurnal Perkembangan
Peserta Didik
perkembangan-peserta-didik
Volume
dan Halaman : 1 dan 8
Tahun : 2013
Penulis : Muhammad Syamsussabri
Reviewer : Ratih Andriani
ISSN : xxxx-xxxx
Tanggal : 24 Oktober 2017
JURNAL
II (PEMBANDING)
Judul : Pertumbuhan Dan
Perkembangan
Jurnal : Jurnal Pertumbuhan
Dan Perkembangan
Volume
dan Halaman : 7 dan 6
Tahun : 2013
Penulis : Allvanialista Ikalor
Reviewer : Ratih Andriani
ISSN : 2104-1994
Tanggal : 24 Oktober 2017
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Makhluk
hidup sudahlah pasti mengalami perubahan tinggi, penambahan besar ataupun
penambahan tinggi. Begitu juga manusia yang juga mengalami pertumbuhan dan
perkembangan.
Pertumbuhan
adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang
bersifat irreversible (tidak
dapat kembali ke asal). Sedangkan, perkembangan adalah perubahan atau
diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa.
Pertumbuhan
dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya
pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan
hidupnya dan melestarikan keturunannya. Pada manusia perkembangan bukan hanya
menyangkut masalah kemampuan berkembang biak, namun juga banyak aspek-aspek
lainnya. Misalnya kemampuan emosional dan cara berfikir. Ada beberapa faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan, yaitu faktor genetik, faktor asupan tubuh, dann
juga faktor lingkungan. Tulisan saya ini berisi tentang critical jurnal review,
jadi isi tulisan saya ini menjelaskan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan
manusia.
Ketertarikan
saya untuk mereview jurnal ini ialah karena penulis memunculkan pandangannya
mengenai konsep dasar pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik yang ditawarkannya cukup menarik, yaitu berupa
penjelasan tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Ketertarikan
reviewer ditambah lagi dengan kajian jurnal yang sangat bermanfaat terutama
bagi pertumbuhan dan perkembangan (sebagai perbandingan), bagi guru, dan bagi
siswa maupun mahasiswa pastinya. Jurnal ini juga akan sangat bermanfaat bagi
saya sendiri karena jurnal ini relevan dengan bidang keilmuan yang saya
pelajari sekarang.
B. Tujuan
a)
Untuk menyelesaikan tugas mata kuliah
Perkembangan Peserta Didik pada semester I.
b)
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang pertumbuhan
dan perkembangan.
c)
Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan.
C. Subjek
Penelitian
Jadi, pada jurnal ini subjek
yang di teliti yaitu manusia. Tentang apa itu pertumbuhan dan perkembangan pada
manusia. Lalu pada jurnal ini juga menleiti tentang apa-apa saja faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.
E. Metode
Penelitian
Metode
yang digunakan dalam penelitian kedua jurnal ini sama, yaitu bila dilihat dari
metode-metode dalam psikologi perkembangan, yaitu menggunakan metode
perkembangan (development or genetic method); yaitu suatu metode penelitian
yang dilakuakn dengan cara mengadakan pengamatan dan pencatatan terhadap
gejala-gejala yang dilakukan secara terus-menerus sepanjang pertubuhan dan
perkembangan.
BAB II
ANALISIS JURNAL
RINGKASAN JURNAL I :
KONSEP DASAR PERTUMBUHAN
DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
A. Sajian
Materi jurnal I
1. Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan
1.1 Pengertian
Pertumbuhan
·
Pengertian
Pertumbuhan Secara Etimologis, yaitu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,
pertumbuhan berasal dari kata tumbuh yang berarti tambah besar atau
sempurna.
·
Pengertian
Pertumbuhan Secara Termitologis, yaitu pertumbuhan dapat diartikan
sebagai perubahan kuantitatif pada materil sesuatu sebagai akibat dari adanya
pengaruh lingkungan.
Jadi,
dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan merupakan perubahan individu berupa fisik
yang bersifat kuantitatif tentunya yang dapat diukur.
·
Menurut
Para Ahli
Ø Karl
E. Garrison : Pertumbuhan adalah perubahan individu dalam bentuk ukuran
badan, perubahan otot, tulang, kulit, rambut dan kelenjar.
Ø Atan
Long : Pertumbuhan adalah perubahan yang dapat diukur dari satu peringkat
ke satu peringkat yang lain dari masa ke masa.
Ø D.S
Wright & Ann Taylor: Pertumbuhan adalah pertambahan dalam berbagai
sifat luaran seseorang (sifat jasmani , seperti: ukuran tubuh, tinggi, berat
badan dan lain-lain).
1.2 Pengertian
Perkembangan
·
Perkembangan
Secara Etimologis, yaitu perkembangan berasal dari kata kembang yang berarti maju,
menjadi lebih baik.
·
Pengertian
Perkembangan Secara Termitologis, yaitu perkembangan adalah proses
kualitatif yang mengacu pada penyempurnaan fungsi sosial dan psikologis dalam
diri seseorang dan berlangsung sepanjang hidup manusia.
·
Menurut
Para Ahli
1)
Crow: Perkembangan adalah perubahan
secara kualitatif serta cenderung kearah yang lebih baik dari segi pemikiran,
rohani, moral, dan sosial.
2) Karl
E. Garrison: Perkembangan adalah hasil dari pada tindakan yang saling
berkaitan antara perkembangan jasmani dan pembelajaran.
3) Atan
Long: Perkembangan adalah adanya timbul sifat baru yang berlainan dari
sifat awal dan terus berlaku hingga akhir hayat.
Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa
pengertian perkembangan yaitu merupakan perubahan individu kearah yang lebih
sempurna yang terjadi dari proses terbentuknya individu sampai akhir hayat dan
berlangsung secara terus menerus.
2. PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PERTUMBUHAN DAN
PERKEMBANGAN
v
Persamaan:
Keduanya merupakan proses perubahan progresif. Maksudnya
berjalan secara bersamaan. Dan bersifat maju, meningkat dan menjadi lebih baik.
v
Perbedaannya:
·
Sifat perubahan:
Pada pertumbuhan perubahan bersifat kuantitatif sedangkan pada
perkembangan perubahan bersifat kualitatif fungsional.
·
Aspek yang berubah:
Pada pertumbuhan yang
berubah adalah aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah
adalah aspek fisik dan psikis.
3. HUBUNGAN
ANTARA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
v Perkembangan
tidak terpisahkan dari pertumbuhan.
v Perkembangan
terjadi bersamaan atau setelah terjadinya proses pertumbuhan.
v Perkembangan
terjadi dengan baik jika didukung oleh pertumbuhan yang normal.
4. TEORI-TEORI PERKEMBANGAN
A. SIGMEUN FREUD ( PERKEMBANGAN PSYCHOSEXUAL )
1. Fase Oral (0 – 1 tahun)
2. Fase Anal (2 – 3 tahun)
3. Fase Urogenital atau faliks (usia 3 – 4 tahun)
4. Fase Latent (4 – 5 tahun sampai masa pubertas)
5. Fase Genitalia
B. PIAGET (PERKEMBANGAN KOGNITIF)
1. Tahap sensori – motor ( 0 – 2 tahun)
2. Tahap pra operasional ( 2 – 7 tahun)
3. Tahap operasional konkrit ( 7 – 12 tahun)
4.
Tahap operasional – formal (mulai usia 12 tahun)
C.
ERIKSON ( PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL )
Perkembangan Psikososial :
1. Trust vs. Misstrust ( 0 – 1 tahun)
2. Autonomy vs shame and doubt ( 2 – 3 tahun)
3. Initiatif vs Guilty (3 – 6 tahun)
4. Industry vs inferiority (6 – 11 tahun)
5. Identity vs Role confusion ( mulai 12 tahun)
6. Intimacy vs Isolation ( dewasa awal )
7. Generativy vs self absorbtion ( dewasa tengah )
8.
Ego integrity vs Despair (dewasa lanjut)
D. KOHLBERG (PERKEMBANGAN MORAL)
1. Pra-konvensional
2. Konvensional
3. Purna Konvensional
E. HURLOCK (PERKEMBANGAN EMOSI)
Menurut
Hurlock, masa bayi mempunyai emosi yang berupa kegairahan umum, sebelum bayi
bicara ia sudah mengembangkan emosi heran, malu, gembira, marah dan takut.
Perkembangan emosi sangat dipengaruhi oleh faktor kematangan dan belajar.
E.
ASPEK-ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
1) Aspek
biologis merupakan perkembangan pada fisik individu.
2) Aspek
kognitif meliputi perubahan kemampuan dan cara berfikir.
3) Aspek
psikososial dapat diartikan bahwa aspek ini merupakan perubahan aspek perasaan,
emosi, dan hubungannya dengan orang lain.
·
Jenis-jenis Perubahan Dalam Pertumbuhan dan
Perkembangan
a) Perubahan dalam Ukuran
Perubahan dapat berupa pertambahan ukuran panjang atau tinggi berat badan,
diikuti perubahan organ-organ lain.
b) Perubahan dalam perbandingan
Dilihat dari sudut fisik terjadi perubahan operasioanl antara kepala, anggota
badan, dan anggota gerak.
c) Berubah untuk mengganti hal-hal yang lama
Misalnya, pada bayi terdapat kalenjer buntu yang disebut tymus pada
daerah dada yang sedikit demi sedikit mengalami penyusutan dan akan hilang setelah
dewasa.
d) Berubah untuk memperoleh hal-hal baru
Misalnya
dilihat dari segi mental.
F.
PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
Hurlock (1997: 29) menjelaskan bahwa prinsip-prinsip
perkembangan tersebut meliputi:
1.
Perkembangan Melibatkan Adanya Perubahan
2.
Perkembangan Awal Lebih Kritis dari Perkembangan Selanjutnya
3. Perkembangan Merupakan Hasil Proses
G.
Hukum-Hukum Pertumbuhan dan Perkembangan
1. Hukum
Cephalocoudal
Hukum ini berlaku pada pertumbuhan fisik yang menyatakan
bahwa pertumbuhan fisik dimulai dari kepala ke arah kaki. Bagian-bagian pada
kepala tumbuh lebih dahulu daripada bagian-bagian lain.
2. Hukum
Proximodistal
Hukum Proximodistal adalah hukum yang berlaku pada
pertumbuhan fisik, dan menurut hukum ini pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu
dan mengarah ke tepi.
3. Perkembanga
Terjadi dari Umum ke Khusus
Pada setiap aspek terjadi perkembangan yang dimulai dari hal-hal
yang umum, kemudian berangsur menuju hal yang khusus.
4. Perkembangan
Berlangsung dalam Tahapan-Tahapan Perkembangan
Sebenarnya ciri-ciri perkembangan sebelumnya diperlihatkan
pada masa berikutnya, hanya saja terjadi dominasi pada cirri-ciri yang baru.
5. Hukum Tempo dan Ritme
Perkembangan
Setiap tahap perkembangan perkembangan tidak berlangsung
secara melompat-lompat. Akan tetapi menurunkan suatu pola tertentu dengan tempo
dan irama tertentu pula.
B. Komentar Jurnal I
·
Kekuatan
Jurnal yang ditulis oleh Muhmmad
Syamsussabri yang berjudul Konsep Dasar Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta
Didik ini menurut saya sudah sangat lengkap. Jurnal ini juga sesuai dengan apa
yang sedang saya pelajari pada saat ini, yaitu tentang pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik. Apalagi pada jurnal ini juga di jelaskan tentang
hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan yang jarang ada di jelaskan pada
jurnal-jurnal perkembangan peserta didik lainnya.
Jurnal
ini sudah mencantumkan contoh dari beberapa materi sehingga membuat para
pembaca lebih mengerti untuk memahami tentang apa itu perkembangan peserta
didik, selain itu jurnal ini juga banyak mengutip pendapat dari beberapa para
ahli yang dapat menambah wawasan para pembaca mengenai tokoh-tokoh yang berpengaruh
dalam bidang pertumbuhan dan perkembangan.
Pada
bagian bahasa pada jurnal ini juga sudah sangat baik dan materi di jelaskan
secara terperinci. Selain itu, menurut saya jika bahasa mudah di pahami itu
akan menambah nilai plus tersendiri, karena jika bahasanya mudah dipahami maka materi yang sudah di jelaskan pun juga
akan lebih mudah kita mengerti. Jurnal
ini juga memuat gambar-gambar tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia
sehingga memudahkan kita menjadi lebih memahami pertumbuhan dan perkembangan
pada manusia.
·
Kelemahan
Pada
jurnal pertama ini dalam bahasanya memang sudah bagus
tetapi memang masih ada beberapa kata yang bahasanya sangat sulit di mengerti
seperti pada bagian hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan. Tetapi selebihnya
jurnal pertama ini sudah bagus karena banyak hal-hal tentang pertumbuhan dan
perkembangan manusia di paparkan disini.
JURNAL II : PERTUMBUHAN DAN
PERKEMBANGAN
C. Sajian
Materi Jurnal II
1. Makna Pertumbuhan Dan Perkembangan
Pengertian Pertumbuhan Secara Etimologis,
yaitu Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pertumbuhan berasal dari kata
tumbuh yang berarti
tambah besar atau sempurna.
Pengertian
Pertumbuhan Secara Termitologis, yaitu Pertumbuhan adalah
perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi
fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanan
waktu tertentu.
Pengertian
Perkembangan Secara Etimologis, yaitu Perkembangan berasal dari kata kembang menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia kembang berarti maju,
menjadi lebih baik.
Pengertian Perkembangan Secara Termitologis, yaitu
Perkembangan adalah proses kualitatif
yang mengacu pada penyempurnaan fungsi sosial dan psikologis dalam diri
seseorang dan berlangsung sepanjang hidup.
2. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Pertumbuhan
a).
FAKTOR GENETIK (keturunan — masa konsepsi)
b). FAKTOR ASUPAN
c).
FAKTOR LINGKUNGAN
3. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Fisik Remaja
v Keluarga
v Gizi
v Gangguan
emosional
v Jenis
kelamin
v Status
sosial
v Kesehatan
v Bentuk
tubuh
4. Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan
§ Faktor
hereditas (warisan sejak lahir/ bawaan)
§ Faktor
Lingkungan
§ Kematangan
fungsi-fungsi organis dan psikis,
§ Aktifitas
anak sebagai subyek bebas yang berkemauan, kemampuan seleksi, bisa menolak atau
menyetujui, punya emosi, serta usaha membangun diri sendiri.
5. Tahapan-Tahapan
Perkembangan Menurut Para Ahli
1. ARISTOTELES
Aristoteles membagi masa perkembangan tersebut atas
tiga tahap, yaitu:
1.
Masa kanak-kanak (0-7 tahun)
2.
Masa anak (7-14 tahun)
3.
Masa remaja (14-21 tahun) setelah itu
adalah masa dewasa
2. JEAN JACQUES ROUSSEAU
· Masa
bayi (0-2 tahun), anak hidup sebagai binatang
· Masa
kanak-kanak (2-12 tahun), anak hidup sebagai manusia biadab
· Masa
remaja awal (12-15 tahun), anak hidup sebagai petualang perkembangan intelek
dan pertimbangan
· Masa
remaja yang sesungguhnya (15-24 tahun), individu hidup sebagai manusia beradab.
3. STANLEY HALL
· Masa
kanak-kanak (0-4 tahun), sebagai binatang melata dan berjalan
· Masa
anak (4-8 tahun), sebagai manusia pemburu
· Masa
remaja awal/puber (8-12 tahun), sebagai manusia biadab/liar
· Masa
adolesen/remaja sesungguhnya (12/13 sampai dewasa)
4. SIGMUND FREUD
· Masa
oral (0-2 tahun),bayi merasakan rasa senang,rangsangan benda, dan lain-lain.
· Masa
anal (2-4 tahun), bayi merasakan kesenangan ketika buang air besar.
· Masa
falik (4-6 tahun), anak merasa senang jika ada rangsangan atau sentuhan pada
kelaminnya.
· Masa
latensi (6-12 tahun), dorongan seksual anak masih belum nampak.
· Masa
genital (12 tahun sampai dewasa), merupakan masa kematangan seksual.
6. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Perkembangan Pribadi
Perkembangan
pribadi menyangkut
perkembangan fisikofis dipengaruhi oleh:
a) Status
sosial ekonomi
b) Filsafat
hidup keluarga
c) Pola
hidup keluarga (seperti kedisiplinan, kepedulian terhadap kesehatan, dan
lain-lain)
7. Perkembangan
Remaja Yang Dilihat Dari Factor Sosial Psikologis
· “Perkembangan
psikologis dan pada identifikasi dari kanak-kanak menjadi dewasa”. Puncak
perkembangan jiwa itu ditandai dengan adanya proses perubahan dari kondisi
“entropy” ke kondisi “negen-tropy” (Sarlito, 1991: 11).
8. Dalam
Psikologi Perkembangan Ada Tiga Aliran Faktor-Faktor Perkembangan
a) Aliran Nativisme
faktor- faktor yang mempengaruhi dalam Aliran ini
a. Faktor genetik
b. Faktor Kemampuan Anak
c. Faktor pertumbuhan Anak
b) Aliran Emprise
c) Aliran Konvergensi
D. Komentar
Jurnal II
·
Kekuatan
Penelitian
Jurnal yang di buat oleh
Allvanialista Ikalor mengenai pertumbuhan dan perkembangan ini, sudah sangat
bagus.
Materi-materi yang di muat dalam
jurnal ini juga sesuai dengan materi yang saya pelajari di mata kuliah
Perkembangan Peserta Didik. Bahasa yang di gunakan oleh penulis juga mudah di
pahami sehingga memudahkan saya ketika membacanya dan kita bisa langsung mengerti
apa yang di maksud kata-kata di dalam jurnal ini. Jurnal ini juga memuat
gambar-gambar sama juga seperti jurnal pertama. Pada penjelasan tentang
pengertian pertumbuhan dan perkembangan jurnali kedua sama dengan jurnal
pertama.
·
Kelemahan
Pembahasan dalam jurnal ini belum
cukup luas. Contohnya di dalam pembahasan tahapan-tahapan perkembangan, penulis
tidak mencantumkan contoh sehingga pembacaakan merasa kurang jelas dengan
tahapan-tahapan perkembangan tersebut. Pada jurnal kedua ini tidak di cantumkan
referensi di akhir pembahasan tidak seperti jurnal pertama yang memuat daftar
pustaka.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pertumbuhan
adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang
bersifat irreversible (tidak dapat
kembali ke asal). Sedangkan, perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi
sel menuju keadaan yang lebih dewasa.
Pertumbuhan merupakan perubahan
secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik,
yang berlangsung secara normal pada diri anak yang sehat, peredaran waktu
tertentu.
Pertumbuhan dan perkembangan
memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya pada manusia,
dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan
melestarikan keturunannya.
Persamaan Dan Perbedaan
Pertumbuhan Dan Perkembangan, yaitu :
v
Persamaan:
Keduanya merupakan proses perubahan progresif. Maksudnya
berjalan secara bersamaan. Dan bersifat maju, meningkat dan menjadi lebih baik.
v
Perbedaannya:
·
Sifat perubahan:
Pada pertumbuhan perubahan bersifat kuantitatif sedangkan pada
perkembangan perubahan bersifat kualitatif fungsional.
·
Aspek yang berubah:
Pada pertumbuhan yang
berubah adalah aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah
adalah aspek fisik dan psikis.
Adapun
hubungan antara pertumbuhan dan
perkembangan, yaitu:
v Perkembangan
tidak terpisahkan dari pertumbuhan.
v Perkembangan
terjadi bersamaan atau setelah terjadinya proses pertumbuhan.
v Perkembangan
terjadi dengan baik jika didukung oleh pertumbuhan yang normal.
B. Saran
Saran saya sebagai mahasiswa hanya
mengaharapkan kepada peserta didik dan pengajar maupun orang tua agar dapat
ikut berpartisipasi dalam memahami tentang perkembangan kognitif.
Peran pemerintah, masyarakat,
pengajar, orang tua juga sangat diperlukan untuk mengawasi perkembangan
kognitif setiap anak dan peserta didik sesuai karakteristik perkembangan
kognitif anak.
DAFTAR
PUSTAKA
Syamsussabri,
Muhammad.2013.Konsep Dasar Pertumbuhan
dan Perkembanagn Peserta Didik.Volume I (1)
Ikalor,
Allvanialista.2013.Pertumbuhan Dan
Perkembangan.Volume 7 (1)
1 komentar:
Play at Harrah's Reno Casino & Hotel - Mapyro
Free WiFi 서울특별 출장샵 and free 경산 출장마사지 parking at Harrah's Reno Casino & Hotel. View map. 777 전라북도 출장안마 Harrahs 광주 출장마사지 Blvd Reno, 군산 출장마사지 NV 89109.
Posting Komentar