Minggu, 03 Desember 2017

CRITICAL JOURNAL REVIEW MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



CRITICAL JOURNAL REPORT
images (2).jpeg
DI SUSUN OLEH :
RATIH ANDRIANI
KELAS : B REGULER
DOSEN PENGAMPU : SEPTIAN PRAWIJAYA, S.Pd, M.Pd
MATA KULIAH : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (SEMESTER I)

JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2017







KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya saya dapat menyelesaikan tugas critical journal report ini. Di sini saya mengkritik sebuah jurnal yang berjudul “Konsep Dasar Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik” yang di tulis oleh Muhammad Syamsussabri.
 Saya mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu Bapak Septian Prawijaya, S.Pd, M.Pd sebagai dosen mata kuliah Perkembangan Peserta Didik”.
 Saya telah berusaha dengan segenap tenaga dan pikiran, tetapi karena kemampuan pengetahuan dan pengalaman yang masih sangat terbatas maka dengan kerendahan hati saya menyadari bahwa tulisan ini masih jauh sempurna, baik isi, susunan maupun tata bahasa. walaupun demikian harapan saya tentang tulisan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi yang membaca.
Oleh sebab itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan tulisan ini.

                                                                           Penulis,
                                                                           Ratih Andriani







DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................ ii
A. Identitas Jurnal........................................................................................ 1
BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 2
A. Latar Belakang........................................................................................ 2
B. Tujuan...................................................................................................... 3
C. Subjek Penelitian..................................................................................... 3
D. Metode Penelitian.................................................................................... 3
BAB II ANALISIS JURNAL..................................................................... 4
A. Sajian Materi Jurnal I............................................................................. 4
B. Komentar Jurnal I................................................................................... 8
C. Sajian Jurnal II........................................................................................ 8
D. Komentar Jurnal II............................................................................... 11
BAB III PENUTUP................................................................................... 12
A. Kesimpulan............................................................................................ 12
B. Saran....................................................................................................... 12


 




A.      Identitas Jurnal
JURNAL I
Judul                           : Konsep Dasar Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta
Didik
Jurnal                           : Jurnal Perkembangan Peserta Didik
Download                   : https://thebookee.net/pd/pdf-jurnal-internasional-
Volume dan Halaman : 1 dan 8
Tahun                          : 2013
Penulis                         : Muhammad Syamsussabri
Reviewer                     : Ratih Andriani
ISSN                           : xxxx-xxxx
Tanggal                       : 24 Oktober 2017
JURNAL II (PEMBANDING)
Judul                           : Pertumbuhan Dan Perkembangan
Jurnal                           : Jurnal Pertumbuhan Dan Perkembangan
Download                   : https://allvanialista.files.wordpress.com/2013/05/jurnal-
Volume dan Halaman : 7 dan 6
Tahun                          : 2013
Penulis                         : Allvanialista Ikalor
Reviewer                     : Ratih Andriani
ISSN                           : 2104-1994
Tanggal                       : 24 Oktober 2017





BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Makhluk hidup sudahlah pasti mengalami perubahan tinggi, penambahan besar ataupun penambahan tinggi. Begitu juga manusia yang juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal). Sedangkan, perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa.
Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya. Pada manusia perkembangan bukan hanya menyangkut masalah kemampuan berkembang biak, namun juga banyak aspek-aspek lainnya. Misalnya kemampuan emosional dan cara berfikir. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, yaitu faktor genetik, faktor asupan tubuh, dann juga faktor lingkungan. Tulisan saya ini berisi tentang critical jurnal review, jadi isi tulisan saya ini menjelaskan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Ketertarikan saya untuk mereview jurnal ini ialah karena penulis memunculkan pandangannya mengenai konsep  dasar pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang ditawarkannya cukup menarik, yaitu berupa penjelasan tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Ketertarikan reviewer ditambah lagi dengan kajian jurnal yang sangat bermanfaat terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan (sebagai perbandingan), bagi guru, dan bagi siswa maupun mahasiswa pastinya. Jurnal ini juga akan sangat bermanfaat bagi saya sendiri karena jurnal ini relevan dengan bidang keilmuan yang saya pelajari sekarang.


B.      Tujuan
a)        Untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Perkembangan Peserta Didik pada semester I.
b)        Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang pertumbuhan dan perkembangan.
c)        Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
C.        Subjek Penelitian
            Jadi, pada jurnal ini subjek yang di teliti yaitu manusia. Tentang apa itu pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Lalu pada jurnal ini juga menleiti tentang apa-apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.
E.        Metode Penelitian
            Metode yang digunakan dalam penelitian kedua jurnal ini sama, yaitu bila dilihat dari metode-metode dalam psikologi perkembangan, yaitu menggunakan metode perkembangan (development or genetic method); yaitu suatu metode penelitian yang dilakuakn dengan cara mengadakan pengamatan dan pencatatan terhadap gejala-gejala yang dilakukan secara terus-menerus sepanjang pertubuhan dan perkembangan.











BAB II
ANALISIS JURNAL

 RINGKASAN JURNAL I :
 KONSEP DASAR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
A.      Sajian Materi jurnal I
1.       Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan
1.1     Pengertian Pertumbuhan
·      Pengertian Pertumbuhan Secara Etimologis, yaitu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pertumbuhan berasal dari kata tumbuh yang berarti tambah besar atau sempurna.
·      Pengertian Pertumbuhan Secara Termitologis, yaitu pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan kuantitatif pada materil sesuatu sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan merupakan perubahan individu berupa fisik yang bersifat kuantitatif tentunya yang dapat diukur.
·      Menurut Para Ahli
Ø Karl E. Garrison : Pertumbuhan adalah perubahan individu dalam bentuk ukuran badan, perubahan otot, tulang, kulit, rambut dan kelenjar.
Ø Atan Long : Pertumbuhan adalah perubahan yang dapat diukur dari satu peringkat ke satu peringkat yang lain dari masa ke masa.
Ø D.S Wright & Ann Taylor: Pertumbuhan adalah pertambahan dalam berbagai sifat luaran seseorang (sifat jasmani , seperti: ukuran tubuh, tinggi, berat badan dan lain-lain).

1.2     Pengertian Perkembangan
·      Perkembangan Secara Etimologis, yaitu perkembangan berasal dari kata kembang yang berarti maju, menjadi lebih baik.
·      Pengertian Perkembangan Secara Termitologis, yaitu perkembangan adalah proses kualitatif yang mengacu pada penyempurnaan fungsi sosial dan psikologis dalam diri seseorang dan berlangsung sepanjang hidup manusia.
·      Menurut Para Ahli
1)   Crow: Perkembangan adalah perubahan secara kualitatif serta cenderung kearah yang lebih baik dari segi pemikiran, rohani, moral, dan sosial.
2)   Karl E. Garrison: Perkembangan adalah hasil dari pada tindakan yang saling berkaitan antara perkembangan jasmani dan pembelajaran.
3)   Atan Long: Perkembangan adalah adanya timbul sifat baru yang berlainan dari sifat awal dan terus berlaku hingga akhir hayat.
Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian perkembangan yaitu merupakan perubahan individu kearah yang lebih sempurna yang terjadi dari proses terbentuknya individu sampai akhir hayat dan berlangsung secara terus menerus.
2.       PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
v  Persamaan:
Keduanya merupakan proses perubahan progresif. Maksudnya berjalan secara bersamaan. Dan bersifat maju, meningkat dan menjadi lebih baik.
v  Perbedaannya:
·      Sifat perubahan:
Pada pertumbuhan perubahan bersifat kuantitatif sedangkan pada perkembangan perubahan bersifat kualitatif fungsional.
·      Aspek yang berubah:
Pada pertumbuhan yang berubah adalah aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah adalah aspek fisik dan psikis.

3.       HUBUNGAN ANTARA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
v  Perkembangan tidak terpisahkan dari pertumbuhan.
v  Perkembangan terjadi bersamaan atau setelah terjadinya proses pertumbuhan.
v  Perkembangan terjadi dengan baik jika didukung oleh pertumbuhan yang normal.
4.         TEORI-TEORI PERKEMBANGAN
A. SIGMEUN FREUD ( PERKEMBANGAN PSYCHOSEXUAL )
1. Fase Oral (0 – 1 tahun)
2. Fase Anal (2 – 3 tahun)
3. Fase Urogenital atau faliks (usia 3 – 4 tahun)
4. Fase Latent (4 – 5 tahun sampai masa pubertas)
5. Fase Genitalia
B. PIAGET (PERKEMBANGAN KOGNITIF)
1. Tahap sensori – motor ( 0 – 2 tahun)
2. Tahap pra operasional ( 2 – 7 tahun)
3. Tahap operasional konkrit ( 7 – 12 tahun)
4. Tahap operasional – formal (mulai usia 12 tahun)
C. ERIKSON ( PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL )
Perkembangan Psikososial :
1. Trust vs. Misstrust ( 0 – 1 tahun)
2. Autonomy vs shame and doubt ( 2 – 3 tahun)
3. Initiatif vs Guilty (3 – 6 tahun)
4. Industry vs inferiority (6 – 11 tahun)
5. Identity vs Role confusion ( mulai 12 tahun)
6. Intimacy vs Isolation ( dewasa awal )
7. Generativy vs self absorbtion ( dewasa tengah )
8. Ego integrity vs Despair (dewasa lanjut)

D. KOHLBERG (PERKEMBANGAN MORAL)
1. Pra-konvensional
2. Konvensional
3. Purna Konvensional
E. HURLOCK (PERKEMBANGAN EMOSI)
Menurut Hurlock, masa bayi mempunyai emosi yang berupa kegairahan umum, sebelum bayi bicara ia sudah mengembangkan emosi heran, malu, gembira, marah dan takut. Perkembangan emosi sangat dipengaruhi oleh faktor kematangan dan belajar.
E. ASPEK-ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
1)   Aspek biologis merupakan perkembangan pada fisik individu.
2)   Aspek kognitif meliputi perubahan kemampuan dan cara berfikir.
3)   Aspek psikososial dapat diartikan bahwa aspek ini merupakan perubahan aspek perasaan, emosi, dan hubungannya dengan orang lain.

·         Jenis-jenis Perubahan Dalam Pertumbuhan dan Perkembangan
a) Perubahan dalam Ukuran
Perubahan dapat berupa pertambahan ukuran panjang atau tinggi berat badan, diikuti perubahan organ-organ lain.
b) Perubahan dalam perbandingan
Dilihat dari sudut fisik terjadi perubahan operasioanl antara kepala, anggota badan, dan anggota gerak.
c) Berubah untuk mengganti hal-hal yang lama
Misalnya, pada bayi terdapat kalenjer buntu yang disebut tymus pada daerah dada yang sedikit demi sedikit mengalami penyusutan dan akan hilang setelah dewasa.
d) Berubah untuk memperoleh hal-hal baru
Misalnya dilihat dari segi mental.
F. PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
Hurlock (1997: 29) menjelaskan bahwa prinsip-prinsip perkembangan tersebut meliputi:
1. Perkembangan Melibatkan Adanya Perubahan
2. Perkembangan Awal Lebih Kritis dari Perkembangan Selanjutnya
3. Perkembangan Merupakan Hasil Proses
G. Hukum-Hukum Pertumbuhan dan Perkembangan
1. Hukum Cephalocoudal
Hukum ini berlaku pada pertumbuhan fisik yang menyatakan bahwa pertumbuhan fisik dimulai dari kepala ke arah kaki. Bagian-bagian pada kepala tumbuh lebih dahulu daripada bagian-bagian lain.
2. Hukum Proximodistal
Hukum Proximodistal adalah hukum yang berlaku pada pertumbuhan fisik, dan menurut hukum ini pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu dan mengarah ke tepi.
3. Perkembanga Terjadi dari Umum ke Khusus
Pada setiap aspek terjadi perkembangan yang dimulai dari hal-hal yang umum, kemudian berangsur menuju hal yang khusus.
4. Perkembangan Berlangsung dalam Tahapan-Tahapan Perkembangan
Sebenarnya ciri-ciri perkembangan sebelumnya diperlihatkan pada masa berikutnya, hanya saja terjadi dominasi pada cirri-ciri yang baru.
5. Hukum Tempo dan Ritme Perkembangan
Setiap tahap perkembangan perkembangan tidak berlangsung secara melompat-lompat. Akan tetapi menurunkan suatu pola tertentu dengan tempo dan irama tertentu pula.

B.      Komentar Jurnal I
·                Kekuatan
Jurnal yang ditulis oleh Muhmmad Syamsussabri yang berjudul Konsep Dasar Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik ini menurut saya sudah sangat lengkap. Jurnal ini juga sesuai dengan apa yang sedang saya pelajari pada saat ini, yaitu tentang pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Apalagi pada jurnal ini juga di jelaskan tentang hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan yang jarang ada di jelaskan pada jurnal-jurnal perkembangan peserta didik lainnya.
Jurnal ini sudah mencantumkan contoh dari beberapa materi sehingga membuat para pembaca lebih mengerti untuk memahami tentang apa itu perkembangan peserta didik, selain itu jurnal ini juga banyak mengutip pendapat dari beberapa para ahli yang dapat menambah wawasan para pembaca mengenai tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam bidang pertumbuhan dan perkembangan.
Pada bagian bahasa pada jurnal ini juga sudah sangat baik dan materi di jelaskan secara terperinci. Selain itu, menurut saya jika bahasa mudah di pahami itu akan menambah nilai plus tersendiri, karena jika bahasanya mudah dipahami  maka materi yang sudah di jelaskan pun juga akan lebih mudah kita mengerti. Jurnal     ini juga memuat gambar-gambar tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia sehingga memudahkan kita menjadi lebih memahami pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.

·                Kelemahan
Pada jurnal pertama ini dalam bahasanya memang sudah bagus tetapi memang masih ada beberapa kata yang bahasanya sangat sulit di mengerti seperti pada bagian hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan. Tetapi selebihnya jurnal pertama ini sudah bagus karena banyak hal-hal tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia di paparkan disini.







JURNAL II : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
C.        Sajian Materi Jurnal II
1.         Makna Pertumbuhan Dan Perkembangan
   Pengertian Pertumbuhan Secara Etimologis, yaitu Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pertumbuhan berasal dari kata  tumbuh yang berarti tambah besar atau sempurna.
Pengertian Pertumbuhan Secara Termitologis, yaitu Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanan waktu tertentu.
Pengertian Perkembangan Secara Etimologis, yaitu Perkembangan berasal dari kata kembang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kembang berarti maju, menjadi lebih baik.
Pengertian Perkembangan Secara Termitologis, yaitu Perkembangan adalah proses kualitatif yang mengacu pada penyempurnaan fungsi sosial dan psikologis dalam diri seseorang dan berlangsung sepanjang hidup.
2.       Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan
a). FAKTOR GENETIK (keturunan — masa konsepsi)
b). FAKTOR ASUPAN
c). FAKTOR LINGKUNGAN

3.       Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Fisik Remaja
v Keluarga
v Gizi
v Gangguan emosional
v Jenis kelamin
v Status sosial
v Kesehatan
v Bentuk tubuh
4.       Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan
§  Faktor hereditas (warisan sejak lahir/ bawaan)
§  Faktor Lingkungan
§  Kematangan fungsi-fungsi organis dan psikis,
§  Aktifitas anak sebagai subyek bebas yang berkemauan, kemampuan seleksi, bisa menolak atau menyetujui, punya emosi, serta usaha membangun diri sendiri.

5.       Tahapan-Tahapan Perkembangan Menurut Para Ahli
1. ARISTOTELES
Aristoteles membagi masa perkembangan tersebut atas tiga tahap, yaitu:
1.              Masa kanak-kanak (0-7 tahun)
2.              Masa anak (7-14 tahun)
3.              Masa remaja (14-21 tahun) setelah itu adalah masa dewasa
 2. JEAN JACQUES ROUSSEAU
·      Masa bayi (0-2 tahun), anak hidup sebagai binatang
·      Masa kanak-kanak (2-12 tahun), anak hidup sebagai manusia biadab
·      Masa remaja awal (12-15 tahun), anak hidup sebagai petualang perkembangan intelek dan pertimbangan
·      Masa remaja yang sesungguhnya (15-24 tahun), individu hidup sebagai manusia beradab.      

3. STANLEY HALL
·      Masa kanak-kanak (0-4 tahun), sebagai binatang melata dan berjalan
·      Masa anak (4-8 tahun), sebagai manusia pemburu
·      Masa remaja awal/puber (8-12 tahun), sebagai manusia biadab/liar
·      Masa adolesen/remaja sesungguhnya (12/13 sampai dewasa)
4. SIGMUND FREUD
·      Masa oral (0-2 tahun),bayi merasakan rasa senang,rangsangan benda, dan lain-lain.
·      Masa anal (2-4 tahun), bayi merasakan kesenangan ketika buang air besar.
·      Masa falik (4-6 tahun), anak merasa senang jika ada rangsangan atau sentuhan pada kelaminnya.
·      Masa latensi (6-12 tahun), dorongan seksual anak masih belum nampak.
·      Masa genital (12 tahun sampai dewasa), merupakan masa kematangan seksual.

6.       Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Pribadi
Perkembangan pribadi menyangkut perkembangan fisikofis dipengaruhi oleh:
a)    Status sosial ekonomi
b)   Filsafat hidup keluarga
c)    Pola hidup keluarga (seperti kedisiplinan, kepedulian terhadap kesehatan, dan lain-lain)
7.       Perkembangan Remaja Yang Dilihat Dari Factor Sosial Psikologis
·      “Perkembangan psikologis dan pada identifikasi dari kanak-kanak menjadi dewasa”. Puncak perkembangan jiwa itu ditandai dengan adanya proses perubahan dari kondisi “entropy” ke kondisi “negen-tropy” (Sarlito, 1991: 11).

8.       Dalam Psikologi Perkembangan Ada Tiga Aliran Faktor-Faktor Perkembangan
a)    Aliran Nativisme
faktor- faktor yang mempengaruhi dalam Aliran ini
a.  Faktor genetik
b. Faktor Kemampuan Anak
c. Faktor pertumbuhan Anak
b)  Aliran Emprise
      c) Aliran Konvergensi
D.      Komentar Jurnal II
·                Kekuatan Penelitian
Jurnal yang di buat oleh Allvanialista Ikalor mengenai pertumbuhan dan perkembangan ini, sudah sangat bagus.
Materi-materi yang di muat dalam jurnal ini juga sesuai dengan materi yang saya pelajari di mata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Bahasa yang di gunakan oleh penulis juga mudah di pahami sehingga memudahkan saya ketika membacanya dan kita bisa langsung mengerti apa yang di maksud kata-kata di dalam jurnal ini. Jurnal ini juga memuat gambar-gambar sama juga seperti jurnal pertama. Pada penjelasan tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan jurnali kedua sama dengan jurnal pertama.
·                Kelemahan
Pembahasan dalam jurnal ini belum cukup luas. Contohnya di dalam pembahasan tahapan-tahapan perkembangan, penulis tidak mencantumkan contoh sehingga pembacaakan merasa kurang jelas dengan tahapan-tahapan perkembangan tersebut. Pada jurnal kedua ini tidak di cantumkan referensi di akhir pembahasan tidak seperti jurnal pertama yang memuat daftar pustaka.












BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
 Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal). Sedangkan, perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa.
Pertumbuhan merupakan perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik, yang berlangsung secara normal pada diri anak yang sehat, peredaran waktu tertentu.
Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya.
Persamaan Dan Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan, yaitu :
v  Persamaan:
Keduanya merupakan proses perubahan progresif. Maksudnya berjalan secara bersamaan. Dan bersifat maju, meningkat dan menjadi lebih baik.
v  Perbedaannya:
·      Sifat perubahan:
Pada pertumbuhan perubahan bersifat kuantitatif sedangkan pada perkembangan perubahan bersifat kualitatif fungsional.
·      Aspek yang berubah:
Pada pertumbuhan yang berubah adalah aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah adalah aspek fisik dan psikis.
Adapun hubungan antara pertumbuhan dan perkembangan, yaitu:
v  Perkembangan tidak terpisahkan dari pertumbuhan.
v  Perkembangan terjadi bersamaan atau setelah terjadinya proses pertumbuhan.
v  Perkembangan terjadi dengan baik jika didukung oleh pertumbuhan yang normal.
B.      Saran
Saran saya sebagai mahasiswa hanya mengaharapkan kepada peserta didik dan pengajar maupun orang tua agar dapat ikut berpartisipasi dalam memahami tentang perkembangan kognitif.
Peran pemerintah, masyarakat, pengajar, orang tua juga sangat diperlukan untuk mengawasi perkembangan kognitif setiap anak dan peserta didik sesuai karakteristik perkembangan kognitif anak.













DAFTAR PUSTAKA
Syamsussabri, Muhammad.2013.Konsep Dasar Pertumbuhan dan Perkembanagn Peserta Didik.Volume I (1)
Ikalor, Allvanialista.2013.Pertumbuhan Dan Perkembangan.Volume 7 (1)











 

1 komentar:

weayayajacobsmeyer mengatakan...

Play at Harrah's Reno Casino & Hotel - Mapyro
Free WiFi 서울특별 출장샵 and free 경산 출장마사지 parking at Harrah's Reno Casino & Hotel. View map. 777 전라북도 출장안마 Harrahs 광주 출장마사지 Blvd Reno, 군산 출장마사지 NV 89109.