Minggu, 24 November 2019

JURNAL PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8



UPAYA MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
Ratih Andriani
Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universtas Negeri Medan,
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan 20221, Sumatera Utara
e-mail : randriani66@gmail.com


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning dengan bantuan Macromedia Flash 8. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan metode studi pustaka dan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan literatur-literatur yang mendukung penelitian. Macromedia Flash  merupakan sebuah program aplikasi standar (authoring tool profesional) yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang merupakan aplikasi yang dipakai dan digunakan untuk merancang grafis animasi (rangkaian tulisan dan gambar yang digerakan secara mekanik elektronis). Berdasarkan pada analisis hasil dan pembahasan berisi tentang kriteria perancangan media  pembelajaran menampilkan sebuah materi beserta gambar dari jenis-jenis manusia purba di Indonesia, selain materi di dalam media pembelajaran Macromedia Flash 8 juga menampilkan sebuah video tentang manusia purba. Dengan adanya upaya meningkatkan minat siswa dalam belajar sejarah dengan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 ini diharapkan dapat benar-benar meningkatkan minat belajar siswa dan juga diharapkan siswa lebih kreatif dalam pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : Macromedia Flash 8.0, Pembelajaran Sejarah, dan Minat Belajar 


ABSTRACT
The purpose of this study is to increase students' interest in learning history by using Macromedia Flash 8. The method used in data collection is by literature study and qualitative research. Data collection techniques obtained by using the literature that supports research. Macromedia Flash is a standard application program (professional authoring tool) issued by international company Macromedia which is an application that is used and used to design animated graphics (series of writings and images that are mechanically driven electronically). Based on the analysis of the results and the discussion about the design criteria for learning media displaying a material along with images of ancient human species in Indonesia, in addition to the material in Macromedia Flash 8 learning media also displays a video about early humans. With the effort to increase students 'interest in learning history with learning media based on Macromedia Flash 8, it is hoped that it can really increase students' interest in learning and also expected students to be more creative in learning in the classroom.

Keywords: Macromedia Flash 8.0, History Learning, and Learning Interest

 
I.       PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan proses belajar mengajar agar siswa dapat berfikir secara arif dan lebih bijaksana. Oleh karena itu pendidikan merupakan sarana terpenting dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Demikian pula halnya dengan pendidikan sejarah. Sebagai sarana pendidikan, pengajaran sejarah termasuk pengajaran normatif, karena tujuan dan sasarannya lebih ditujukan pada segi-segi normatif yaitu segi nilai dan makna yang sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri (Alfian, Jurnal Ilmiah Kependidikan, No. 2, Maret 2011: 1)
Beberapa pakar pendidikan sejarah maupun sejarawan memberikan pendapat tentang fenomena pembelajaran sejarah yang terjadi di Indonesia. Prof.Hamid Hasan misalnya, menjelaskan bahwa kenyataan yang ada sekarang, model pengajaran sejarah jauh dari harapan untuk memungkinkan anak melihat relevansinya dengan kehidupan masa kini dan masa depan. Mulai dari jenjang SD hingga SLTA, pendidikan sejarah cenderung hanya memanfaatkan fakta sejarah sebagai materi utama. Tidak aneh bila pendidikan di sini terasa kering, tidak menarik, dan tidak memberi kesempatan kepada anak didik untuk belajar menggali makna dari sebuah peristiwa sejarah.
Proses  pembelajaran  yang masih digunakan dan diterapkan di sekolah selama  ini  masih cenderung menggunakan metode konvensional yaitu pendidik memberikan ceramah secara teoritis kepada peserta didik, memberikan tugas kemudian memberikan tes akhir, begitulah aktivitas ini berjalan terus menerus. Cara pembelajaran seperti ini membuat siswa mudah bosan, waktu yang terbatas dan juga pengajar tidak mampu mengetahui sejauh mana peserta didiknya memahami apa yang dijelaskan olehnya.
Banyak usaha yang dapat dilakukan oleh seorang guru agar siswa dapat menerima materi pelajaran dengan mudah dan cepat. Diantaranya adalah dengan menghadirkan media pembelajaran yang tepat sebagai pelengkap proses pembelajaran sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara optimal serta menggunakan model yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik materi pelajaran yang akan diajarkan. Dengan menggunakan model dan media pembelajaran secara tepat dan sesuai dengan konsep-konsep materi yang diajarkan maka pemahaman siswa terhadap konsep tersebut akan tertanam dengan baik.
Seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi pembelajaran kini membawa pengaruh dan manfaat yang besar pada lembaga pendidikan khususnya dalam proses penyampaian belajar. Teknologi pembelajaran berupaya untuk merancang, mengembangkan dan memanfaatkan aneka sumber belajar sehingga dapat memudahkan dan memfasilitasi seseorang untuk belajar.
Banyak sekali perangkat lunak (software) komputer yang sengaja diciptakan untuk menghasilkan multimedia dalam melengkapi kegiatan belajar mengajar seperti macromedia flash. Macromedia flash merupakan salah satu software plugin yang manfaatnya untuk membuka atau melihat gambar animasi, video juga game yang ada di dalam salah satu website system plugin ini sangat di sukai dan di buru para pecinta animasi di seluruh dunia tak terkecuali pekerjaan di bidang IT yang sangat erat berhubungan dengan plugin apalagi perusahaan penyedia atau pembuat website,karena manfaat dan kegunaannya yang sangat tinggi dalam membantu mengaktifkan gambar bergerak atau animasi. Dengan adanya aplikasi softwere macromedia flash tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat lebih menarik sehingga rasa minat belajar siswa untuk mempelajari sejarah lebih tinggi.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatan pembelajaran Sejarah dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dan bagaimana merancang aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran Sejarah menggunakan Macromedia Flash 8.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah dan merancang aplikasi media pembelajaran Sejarah menggunakan Macromedia Flash 8. Aplikasi ini dibangun untuk memberikan alternatif untuk membantu siswa dalam menumbuhkan minat belajar dan memudahkan anak dalam mempelajari materi sejarah.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran Sejarah yang pertama, yaitu studi pustaka, data diperoleh melalui buku-buku literatur dan jurnal-jurnal yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti sebagai bahan referensi bagi penulis dan yang kedua, yaitu enelitian kualitatif, penelitian adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis.

II.      PEMBAHASAN
A.           Media Pembelajaran  
1.       Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar.
Menurut Ana Styana Firrohmah dalam Hamidjojo dalam Latuheru, (1993). media merupakan semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju. Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran.
Berdasarkan definisi tersebut, Peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran adalah suatu alat atau wahana yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar untuk menumbuhkan minat belajar siswa.

2.       Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran
Tujuan dari penggunaan suatu media yaitu sebagai alat bantu guru untuk mempermudah proses pembelajaran dikelas dan juga meningkatkan efisiensi proses pembelajaran, sehingga peserta didik mampu menerima pembelajaran lebih mudah. Apalagi pada masa sekarang sangat jarang siswa menyukai pembelajaran sejarah di sekolah.
3.       Media Pembelajaran Sejarah
Media Pembelajaran dirasa sangat perlu demi kebaikan dan kelancaran kegiatan pembelajaran untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional. Dalam pembelajaran sejarah, penggunaan media ini sangat penting karena akan membantu siswa dalam memvisualisasikan peristiwa sejarah sehingga memudahkan siswa dalam menangkap serta menghayati gamparan peristiwa sejarah tersebut. Atas dasar kenyataan ini, peranan dari media merupakan instrumen penting dalam proses pembelajaran.
Dalam aspek media pembelajaran sejarah, terdapat berbagai macam jenis yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, namun saya hanya menampilkan media pembelajaran sejarah dari aspek peninggalan sejarah, yaitu jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia.
4.       Macromedia Flash 8
a.       Pengertian Macromedia Flash 8
Macromedia Flash 8 merupakan sebuah program aplikasi standar (authoring tool profesional) yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang merupakan aplikasi yang dipakai dan digunakan untuk merancang grafis animasi (rangkaian tulisan dan gambar yang digerakan secara mekanik elektronis).
Macromedia Flash 8 digunakan untuk mengolah gambar, animasi, gambar bitmap yang di-import, objek suara (sound).    Macromedia Flash 8 juga dapat digunakan untuk pengembangan media pembelajaran, karena dapat menampilkan teks, gambar dan animasi yang menarik secara bersamaan. Kemampuan Macromedia Flash dalam mengolah berbagai jenis objek, kemudahan dalam proses pembuatan animasi, serta kecilnya ukuran file animasi membuat banyak praktisi dibidang multimedia menggunakan program tersebut (Tim Divisi Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer, 2006).
     Kemampuan yang dimiliki Macromedia Flash 8 sangat banyak diantaranya yaitu dapat membuat perubahan transparansi warna dalam sebuah movie maupun dari objek lain, dapat membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan pemakai program, dapat membuat tombol interaktif dengan sebuah  movie  maupun dari objek lain, dapat membuat sebuah gerakan animasi dari satu bentuk ke dalam bentuk yang lain, dan dapat membuat animasi logo, animasi presentasi, multimedia,  game,  kuis interaktif¸ simulasi maupun visualisasi.

b.      Kelebihan Macromedia Flash 8
Menurut Anggra Yuda Rama Dianto dalam Mustamid dan Hendri Raharjo (2015) Pengaruh Efektifitas Pembelajaran Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa, ISSN 2086 – 3918, Vol.4 No (1) ‘Macromedia flash sebagai program multimedia dan animasi memiliki beberapa kelebihan, sebagai berikut:
1.    Seorang pemula yang masih awam terhadap dunia desain dan animasi dapat mempelajari dan memahami Macromedia flash dengan mudah tanpa harus dibekali dasar pengetahuan yang tinggi.
2.    Penggunaan program Macromedia flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan luwes sesuai dengan yang dikehendaki.
3.    Macromedia flash ini dapat menghasilkan file dengan ukuran kecil. Hal ini dikarenakan flash menggunakan animasi dengan basis vector, dan juga ukuran file flash yang kecil ini dapat digunakan pada halaman web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama untuk membukanya.
4.    Macromedia  flash menghasilkan   file bertipe ekstensi. FLA yang bersifat fleksibel, karena dapat dikonversikan menjadi file bertipe *.swf,*.html, *.gif, *.jpg,*.png,*.exe,*.mov,sehingga memungkinkan untuk berbagai keperluan yang diinginkan.
c.       Perancangan media pembelajaran Macromedia Flash 8       
Media pembelajaran yang digunakan oleh penulis, yaitu media pembelajaran yang berbentuk Macromedia Flash 8, dengan pembahasan mata pelajaran Sejarah yang membahas tentang jenis-jenis manusia purba di Indonesia.
Berikut ini adalah contoh media pembelajaran sejarah dengan menggunakan Macromedia Flash 8.
Gambar 1.1 Tampilan Awal Macromedia Flash 8.0
Sumber : Ratih andriani

Pilih Flash Document, setelah itu akan tampil area kerja seperti gambar di bawah ini.

Gambar 1.2 Area Kerja Macromedia Flash 8.0
Sumber : Ratih andriani

Keterangan gambar :
1.            Menu Bar
Menu Bar erisi kumpulan instruksi atau perintah-perintah yang digunakan dalam flash. Menu pada Macromedia Flash 8 terdiri dari: File, Edit, View, Insert, Modify, Text Commands, Control, Window dan Help.
Gambar 2.1 Tampilan Menu
Sumber : Ratih andriani
2.            Stage
Stage adalah daerah yang berisi semua elemen gambar yang membentuk movie flash. Kita akan selalu bekerja membuat gambar, animasi dan lain-lain di tempat ini.
Gambar 2.2 Tampilan Stage
\Sumber : Ratih andriani

3.            Toolbox
Tollbox berisi alat-alat kerja kita. Berbagai simbol, gambar atau icon itu masing-masing mempunyai fungsi tertentu dan paling sering digunakan.
Gambar 2.3 Tampilan Toolbox
Sumber : Ratih andriani

4.            Panel 
Panel dalam lingkungan flash berfungsi untuk menampilkan dan mengubah informasi suatu objek yang ada di stage. Kita lihat ada berbagai macam papan panel di lingkungan flash dan setiap panel akan menampilkan  informasi tersendiri sesuai dengan objek yang kita pilih.
Gambar 2.4 Tampilan Panel
Sumber : Ratih andriani

5.            Timeline
Semua jalan cerita diatur disini, kapan aktor ini  harus muncul dan kapan menghilang, atau kapan efek suara harus ada, atau musik latar mengalun atau kapan munculnya suatu objek.
Gambar 2.5 Tampilan Timeline
Sumber : Ratih andriani
6.            Properties
Fungsinya sama dengan panel, hanya saja propertiesmerupakan penggabungan atau penyederhanaan dari panel, jadi dapat lebih mempercepat dalam mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek, animasi, frame dan komponen secara langsung.
Gambar 2.6 Tampilan Properties
Sumber : Ratih andriani

d.      Hasil Pembahasan
1.       Tampilan  Menu Utama
Tampilan Menu Utama adalah halaman yang pertama kali muncul pada saat program dijalankan. Dalam tampilan Menu Utama akan ada beberapa tombol (Button) seperti Materi dan Video. Tampilan menu Utama dapat dilihat pada Gambar 3.1 dibawah ini.
Gambar 3.1  Tampilan Menu Utama
Sumber: Ratih Andriani
2.       Tampilan Menu Materi
Untuk dapat pindah ke tampilan menu tutorial dapat dijalankan dengan mengklik tombol ‘Materi’ yang ada pada menu utama. Setelah tombol Materi tersebut di klik maka akan muncul menu Materi yang berisi tentang 3 materi tentang mausia purba yang akan dipelajari.
Gambar 4.1 Tampilan menu Materi
Sumber: Ratih Andriani

2.1    Tampilan Sub Menu Meganthropus Paleojavanicus
Sub menu Meganthropus Paleojavanicus memiliki 1 buah tombol segitiga yang akan menampilkan tombol penjelasan dan ciri-ciri dari Meganthropus Paleojavanicus. Jika tombol penjelasan di klik maka akan menampilkan penjelasan dari Meganthropus, begitupula jika tombol ciri-ciri di klik akan menampilkan ciri-ciri dari manusia purba Meganthropus Paleojavanicus.  Berikut tampilan tombol segitiga seperti yang tampak pada Gambar 4.1.1 dan tombol penjelasan dan ciri-ciri akan tampak pada gambar 4.1.2
Gambar 4.1.1 Tampilan menu tombol segitiga
Sumber: Ratih Andriani

Gambar 4.1.2 Tampilan menu penjelasan dan ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus
Sumber: Ratih Andriani

2.2    Tampilan Sub Menu Pthecanthropus
Sub menu Pithecanthropus memiliki 3 buah tombol yaitu pithecanthropus erectus, pithecanthropus mojokertensis, pithecanthropus soloensis.
Gambar. 4.1.3  Tampilan menu tentang Pithecanthropus
Sumber: Ratih Andriani

Ketika salah satu, dari ketiga tombol pithecanthropus di klik akan memunculkan penjelasan dan juga ciri-ciri dari manusia purba jenis pithecanthropus. Seperti gambar dibawah ini.
Gambar 4.1.4  Tampilan penjelasan dan ciri-ciri Pithecanthropus Erectus
Sumber: Ratih Andriani 

Gambar 4.1.5 Tampilan penjelasan dan ciri-ciri Pithecanthropus Mojokertensis
Sumber: Ratih Andriani

Gambar 4.1.6 Tampilan penjelasan Pithecanthropus Soloensis
Sumber: Ratih Andriani

2.3    Tampilan Sub Menu Manusia Purba Homo
Sub menu manusia purba Homo memiliki 3 buah tombol nama dari setiap manusia purba, yaitu tombol manusia purba homo soloensis, homo wajakensis, dan homo floresiensis. Jika tombol nama homo sosoensis di klik maka akan menampilkan penjelasan dan ciri-ciri homo soloensis, begitupula jika mengklik nama manusia purba yang lain.  Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:
Gambar 4.1.7 Tampilan menu tentang manusia purba jenis Homo
Sumber: Ratih Andriani

 
Gambar 4.1.8 Tampilan penjelasan tentang Homo Soloensis
Sumber: Ratih Andriani

Gambar 4.1.9 Tampilan ciri-ciri Homo Soloensis
Sumber: Ratih Andriani

Gambar 4.1.10 Tampilan penjelasan tentang Homo Wajakensis
Sumber: Ratih Andriani

Gambar 2.12 Tampilan penjelasan tentang Homo Floresiensis
Sumber: Ratih Andriani

1.            Tampilan Menu Video
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pada aplikasi Macromedia Flash 8 ini, selain bisa menjelaskan materi juga bisa memutar video. Manfaat dari video ini, selain untuk meberikan informasi tentang pembelajaran.
Gambar 3.1 Tampilan menu video
Sumber: Ratih Andriani


III.    PENUTUP
Pada bagian akhir artikel ini, penulis akan menyimpulkan Media pembelajaran adalah suatu alat atau wahana yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Maka dari itu saya sebagai penulis ingin mencoba memotivasi minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8.
Macromedia Flash 8 merupakan sebuah program aplikasi standar (authoring tool profesional) yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang merupakan aplikasi yang dipakai dan digunakan untuk merancang grafis animasi.
Dengan adanya upaya meningkatkan minat siswa dalam belajar sejarah dengan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 ini penulis berharap dapat meningkatkan minat belajar siswa.

DAFTAR PUSTAKA

http://digilib.unila.ac.id/18663/3/0613024054-pendahuluan.pdf [diunduh tahun 2018, Oktober, 23]
Ana Styana Firrohmah. 2015. Pengembangan Media Animasi Menggunakan Adobe Flash Dalam Pembelajaran Analisis Dinamika Litosfer Mata Pelajaran Geografi Kelas Sepuluh [skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Magdalia Alfian. 2011. Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. III, No. 2:1
Mustamid, Hendri Raharjo. 2015. Pengaruh Efektifitas Multimedia Pembelajaraan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Invers. Jurnal EduMa Vol.4 No.1:4



Tidak ada komentar: