UPAYA MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA
DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
Ratih Andriani
Jurusan Pendidikan
Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universtas Negeri Medan,
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan 20221, Sumatera
Utara
e-mail : randriani66@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran
sejarah dengan menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning dengan bantuan Macromedia
Flash 8. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan metode studi
pustaka dan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan
menggunakan literatur-literatur yang mendukung penelitian. Macromedia
Flash merupakan sebuah program aplikasi standar (authoring tool
profesional) yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang
merupakan aplikasi yang dipakai dan digunakan untuk merancang grafis animasi
(rangkaian tulisan dan gambar yang digerakan secara mekanik elektronis). Berdasarkan pada analisis hasil dan pembahasan
berisi tentang kriteria perancangan media
pembelajaran menampilkan sebuah materi beserta gambar dari jenis-jenis
manusia purba di Indonesia, selain materi di dalam media pembelajaran
Macromedia Flash 8 juga menampilkan sebuah video tentang manusia purba. Dengan adanya upaya meningkatkan minat
siswa dalam belajar sejarah dengan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash
8 ini diharapkan dapat benar-benar meningkatkan minat belajar siswa dan juga
diharapkan siswa lebih kreatif dalam pembelajaran di kelas.
Kata
Kunci : Macromedia Flash 8.0, Pembelajaran
Sejarah, dan Minat Belajar
ABSTRACT
The purpose of this study is to increase students'
interest in learning history by using Macromedia Flash 8. The method used in
data collection is by literature study and qualitative research. Data
collection techniques obtained by using the literature that supports research.
Macromedia Flash is a standard application program (professional authoring
tool) issued by international company Macromedia which is an application that
is used and used to design animated graphics (series of writings and images
that are mechanically driven electronically). Based on the analysis of the results and the discussion about the design criteria for learning media displaying a material along with images of ancient human species in Indonesia, in addition to the material in Macromedia Flash 8 learning media also displays a video about early humans. With the effort to increase students 'interest in learning history with learning media based on Macromedia Flash 8, it is hoped that it can really increase students' interest in learning and also expected students to be more creative in learning in the classroom.
Keywords: Macromedia Flash 8.0, History Learning, and Learning Interest
I. PENDAHULUAN
Pendidikan
merupakan proses belajar mengajar agar siswa dapat berfikir secara arif dan
lebih bijaksana. Oleh karena itu pendidikan merupakan sarana terpenting dalam
mewujudkan cita-cita bangsa. Demikian pula halnya dengan pendidikan sejarah.
Sebagai sarana pendidikan, pengajaran sejarah termasuk pengajaran normatif,
karena tujuan dan sasarannya lebih ditujukan pada segi-segi normatif yaitu segi
nilai dan makna yang sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri (Alfian, Jurnal
Ilmiah Kependidikan, No. 2, Maret 2011: 1)
Beberapa pakar pendidikan sejarah maupun sejarawan memberikan pendapat tentang fenomena pembelajaran sejarah yang terjadi di
Indonesia. Prof.Hamid Hasan misalnya, menjelaskan bahwa kenyataan yang ada sekarang, model pengajaran sejarah jauh dari harapan untuk memungkinkan anak melihat relevansinya dengan kehidupan masa kini dan masa depan. Mulai dari jenjang SD hingga SLTA,
pendidikan sejarah cenderung hanya memanfaatkan fakta sejarah sebagai materi utama. Tidak aneh bila pendidikan di sini terasa kering, tidak menarik, dan tidak memberi kesempatan kepada anak didik untuk belajar menggali makna dari sebuah peristiwa sejarah.
Proses pembelajaran yang masih digunakan dan diterapkan di
sekolah selama ini masih cenderung menggunakan metode konvensional
yaitu pendidik memberikan ceramah secara teoritis kepada peserta didik,
memberikan tugas kemudian memberikan tes akhir, begitulah aktivitas ini
berjalan terus menerus. Cara pembelajaran seperti ini membuat siswa mudah
bosan, waktu yang terbatas dan juga pengajar tidak mampu mengetahui sejauh mana
peserta didiknya memahami apa yang dijelaskan olehnya.
Banyak
usaha yang dapat dilakukan oleh seorang guru agar siswa dapat menerima materi
pelajaran dengan mudah dan cepat. Diantaranya adalah dengan menghadirkan media
pembelajaran yang tepat sebagai pelengkap proses pembelajaran sehingga tujuan
yang telah ditetapkan dapat tercapai secara optimal serta menggunakan model
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik materi pelajaran yang
akan diajarkan. Dengan menggunakan model dan media pembelajaran secara tepat
dan sesuai dengan konsep-konsep materi yang diajarkan maka pemahaman siswa
terhadap konsep tersebut akan tertanam dengan baik.
Seiring
pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi
pembelajaran kini membawa pengaruh dan manfaat yang besar pada lembaga
pendidikan khususnya dalam proses penyampaian belajar. Teknologi pembelajaran
berupaya untuk merancang, mengembangkan dan memanfaatkan aneka sumber belajar sehingga
dapat memudahkan dan memfasilitasi seseorang untuk belajar.
Banyak sekali perangkat lunak (software) komputer yang sengaja
diciptakan untuk menghasilkan multimedia dalam melengkapi kegiatan belajar
mengajar seperti macromedia flash. Macromedia flash merupakan salah satu software plugin yang
manfaatnya untuk membuka atau melihat gambar animasi, video juga game
yang ada di dalam salah satu website system plugin ini sangat di sukai dan di buru para pecinta animasi di seluruh dunia tak terkecuali pekerjaan di bidang IT yang sangat erat berhubungan dengan plugin apalagi perusahaan penyedia atau pembuat website,karena manfaat dan kegunaannya yang sangat tinggi dalam membantu mengaktifkan gambar bergerak atau animasi. Dengan adanya
aplikasi softwere macromedia flash tersebut, diharapkan dapat meningkatkan
kualitas pembelajaran dan dapat lebih menarik sehingga rasa minat belajar siswa
untuk mempelajari sejarah lebih tinggi.
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya
meningkatan pembelajaran Sejarah dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dan bagaimana merancang aplikasi yang dapat
mendukung pembelajaran Sejarah menggunakan Macromedia
Flash 8.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat
belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah dan merancang aplikasi media
pembelajaran Sejarah menggunakan Macromedia
Flash 8. Aplikasi ini dibangun untuk memberikan alternatif untuk membantu
siswa dalam menumbuhkan minat belajar dan memudahkan anak dalam mempelajari
materi sejarah.
Metodologi penelitian yang
digunakan dalam pembuatan media pembelajaran Sejarah yang pertama, yaitu studi
pustaka, data diperoleh
melalui buku-buku literatur dan jurnal-jurnal yang berhubungan dengan masalah yang
akan diteliti sebagai bahan referensi bagi penulis dan yang kedua,
yaitu enelitian
kualitatif, penelitian adalah
penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis.
II. PEMBAHASAN
A.
Media
Pembelajaran
1. Pengertian
Media Pembelajaran
Media
pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan
pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar,
pengajar, dan bahan ajar.
Menurut Ana Styana
Firrohmah dalam Hamidjojo dalam Latuheru, (1993). media merupakan semua bentuk perantara yang digunakan
oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan atau pendapat
sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima
yang dituju. Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang
bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu
disebut media pembelajaran.
Berdasarkan definisi
tersebut, Peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran adalah suatu alat atau
wahana yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran. Media
pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan
belajar mengajar untuk menumbuhkan minat belajar siswa.
2. Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran
Tujuan dari penggunaan
suatu media yaitu sebagai alat bantu guru untuk mempermudah proses
pembelajaran dikelas dan juga meningkatkan efisiensi proses pembelajaran,
sehingga peserta didik mampu menerima pembelajaran lebih mudah. Apalagi pada
masa sekarang sangat jarang siswa menyukai pembelajaran sejarah di sekolah.
3. Media
Pembelajaran Sejarah
Media Pembelajaran dirasa
sangat perlu demi kebaikan dan kelancaran kegiatan pembelajaran untuk
tercapainya tujuan pendidikan nasional. Dalam pembelajaran
sejarah, penggunaan media ini sangat penting karena akan membantu siswa dalam
memvisualisasikan peristiwa sejarah sehingga memudahkan siswa dalam menangkap serta
menghayati gamparan peristiwa sejarah tersebut. Atas dasar kenyataan ini,
peranan dari media merupakan instrumen penting dalam proses pembelajaran.
Dalam aspek media
pembelajaran sejarah, terdapat berbagai macam jenis yang dapat digunakan
dalam kegiatan pembelajaran, namun saya hanya menampilkan media pembelajaran
sejarah dari aspek peninggalan sejarah, yaitu jenis-jenis manusia purba yang
ada di Indonesia.
4. Macromedia
Flash 8
a. Pengertian Macromedia Flash 8
Macromedia Flash
8 merupakan sebuah program aplikasi standar (authoring tool profesional) yang dikeluarkan oleh perusahaan
internasional Macromedia yang merupakan aplikasi yang dipakai dan digunakan
untuk merancang grafis animasi (rangkaian tulisan dan gambar yang digerakan
secara mekanik elektronis).
Macromedia Flash
8 digunakan untuk mengolah gambar, animasi, gambar bitmap yang di-import, objek
suara (sound). Macromedia Flash 8 juga dapat digunakan untuk pengembangan media
pembelajaran, karena dapat menampilkan teks, gambar dan animasi yang menarik
secara bersamaan. Kemampuan Macromedia Flash dalam mengolah berbagai jenis
objek, kemudahan dalam proses pembuatan animasi, serta kecilnya ukuran file
animasi membuat banyak praktisi dibidang multimedia menggunakan program
tersebut (Tim Divisi Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer, 2006).
Kemampuan yang dimiliki Macromedia Flash 8
sangat banyak diantaranya yaitu dapat membuat perubahan transparansi warna
dalam sebuah movie maupun dari objek
lain, dapat membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan
pemakai program, dapat membuat tombol interaktif dengan sebuah movie maupun dari objek lain, dapat membuat sebuah
gerakan animasi dari satu bentuk ke dalam bentuk yang lain, dan dapat membuat animasi logo, animasi presentasi,
multimedia, game, kuis interaktif¸ simulasi maupun visualisasi.
b. Kelebihan
Macromedia Flash 8
Menurut Anggra Yuda Rama Dianto
dalam Mustamid dan Hendri Raharjo (2015) Pengaruh Efektifitas Pembelajaran
Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa, ISSN 2086 – 3918, Vol.4 No
(1) ‘Macromedia flash sebagai program multimedia dan animasi memiliki beberapa
kelebihan, sebagai berikut:
1.
Seorang pemula yang masih awam terhadap dunia desain dan
animasi dapat mempelajari dan memahami Macromedia flash dengan mudah tanpa
harus dibekali dasar pengetahuan yang tinggi.
2.
Penggunaan program Macromedia flash dapat dengan mudah
dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan luwes sesuai dengan
yang dikehendaki.
3.
Macromedia flash ini dapat menghasilkan file dengan
ukuran kecil. Hal ini dikarenakan flash menggunakan animasi dengan basis
vector, dan juga ukuran file flash yang kecil ini dapat digunakan pada halaman
web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama untuk membukanya.
4.
Macromedia flash
menghasilkan file bertipe ekstensi. FLA
yang bersifat fleksibel, karena dapat dikonversikan menjadi file bertipe
*.swf,*.html, *.gif, *.jpg,*.png,*.exe,*.mov,sehingga memungkinkan untuk
berbagai keperluan yang diinginkan.
c. Perancangan
media pembelajaran Macromedia Flash 8
Media
pembelajaran yang digunakan oleh penulis, yaitu media pembelajaran yang
berbentuk Macromedia Flash 8, dengan
pembahasan mata pelajaran Sejarah yang membahas tentang jenis-jenis manusia
purba di Indonesia.
Berikut ini
adalah contoh media pembelajaran sejarah dengan menggunakan Macromedia Flash 8.
Gambar 1.1
Tampilan Awal Macromedia Flash 8.0
Sumber : Ratih
andriani
Pilih Flash
Document, setelah itu akan tampil area kerja seperti gambar di bawah ini.
Gambar 1.2 Area
Kerja Macromedia Flash 8.0
Sumber : Ratih
andriani
Keterangan gambar :
1.
Menu Bar
Menu Bar erisi kumpulan instruksi atau
perintah-perintah yang digunakan dalam flash.
Menu pada Macromedia Flash 8 terdiri
dari: File, Edit, View, Insert, Modify,
Text Commands, Control, Window dan Help.
Gambar 2.1
Tampilan Menu
Sumber : Ratih andriani
2.
Stage
Stage adalah daerah yang berisi semua elemen gambar yang
membentuk movie flash. Kita akan
selalu bekerja membuat gambar, animasi dan lain-lain di tempat ini.
Gambar 2.2 Tampilan Stage
\Sumber : Ratih andriani
3.
Toolbox
Tollbox berisi
alat-alat kerja kita. Berbagai simbol, gambar atau icon itu masing-masing mempunyai fungsi tertentu dan paling sering
digunakan.
Gambar 2.3
Tampilan Toolbox
Sumber : Ratih
andriani
4.
Panel
Panel dalam lingkungan flash berfungsi untuk menampilkan dan mengubah informasi suatu
objek yang ada di stage. Kita lihat
ada berbagai macam papan panel di lingkungan flash dan setiap panel akan menampilkan informasi tersendiri sesuai dengan objek yang
kita pilih.
Gambar 2.4 Tampilan Panel
Sumber : Ratih
andriani
5.
Timeline
Semua jalan cerita diatur disini, kapan aktor
ini harus muncul dan kapan menghilang,
atau kapan efek suara harus ada, atau musik latar mengalun atau kapan munculnya
suatu objek.
Gambar
2.5 Tampilan Timeline
Sumber : Ratih andriani
6.
Properties
Fungsinya sama dengan panel,
hanya saja propertiesmerupakan
penggabungan atau penyederhanaan dari panel, jadi dapat lebih mempercepat dalam
mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek, animasi, frame dan
komponen secara langsung.
Gambar
2.6 Tampilan Properties
Sumber : Ratih andriani
d. Hasil Pembahasan
1. Tampilan Menu Utama
Tampilan Menu Utama adalah halaman yang
pertama kali muncul pada saat program dijalankan. Dalam tampilan Menu Utama
akan ada beberapa tombol (Button) seperti Materi
dan Video. Tampilan menu Utama dapat dilihat pada Gambar
3.1 dibawah ini.
Gambar 3.1 Tampilan Menu Utama
Sumber: Ratih Andriani
2. Tampilan Menu Materi
Untuk dapat pindah ke tampilan menu tutorial dapat dijalankan dengan mengklik
tombol ‘Materi’
yang ada pada menu utama. Setelah tombol Materi tersebut di klik maka akan muncul menu Materi yang berisi tentang 3 materi tentang mausia purba yang
akan dipelajari.
Gambar 4.1
Tampilan menu Materi
Sumber: Ratih Andriani
2.1 Tampilan Sub Menu Meganthropus Paleojavanicus
Sub menu Meganthropus
Paleojavanicus memiliki 1 buah tombol segitiga yang akan menampilkan tombol penjelasan dan ciri-ciri
dari Meganthropus Paleojavanicus. Jika
tombol penjelasan di klik maka akan menampilkan penjelasan dari Meganthropus,
begitupula jika tombol ciri-ciri di klik akan menampilkan ciri-ciri dari
manusia purba Meganthropus Paleojavanicus.
Berikut tampilan tombol segitiga seperti yang tampak pada
Gambar 4.1.1 dan tombol penjelasan dan ciri-ciri akan tampak pada
gambar 4.1.2
Gambar 4.1.1 Tampilan menu tombol segitiga
Sumber: Ratih Andriani
Gambar 4.1.2
Tampilan menu penjelasan dan ciri-ciri
Meganthropus Paleojavanicus
Sumber: Ratih Andriani
2.2 Tampilan Sub Menu Pthecanthropus
Sub menu Pithecanthropus memiliki 3 buah
tombol yaitu pithecanthropus erectus,
pithecanthropus mojokertensis, pithecanthropus soloensis.
Gambar. 4.1.3 Tampilan menu tentang Pithecanthropus
Sumber: Ratih Andriani
Ketika salah satu,
dari ketiga tombol pithecanthropus di klik akan memunculkan penjelasan dan juga
ciri-ciri dari manusia purba jenis pithecanthropus. Seperti gambar dibawah ini.
Gambar 4.1.4 Tampilan penjelasan dan
ciri-ciri Pithecanthropus Erectus
Sumber: Ratih Andriani
Gambar 4.1.5 Tampilan penjelasan dan ciri-ciri Pithecanthropus
Mojokertensis
Sumber: Ratih Andriani
Gambar 4.1.6 Tampilan penjelasan Pithecanthropus
Soloensis
Sumber: Ratih Andriani
2.3 Tampilan Sub Menu Manusia Purba Homo
Sub menu manusia purba Homo memiliki
3 buah tombol nama dari setiap manusia purba, yaitu tombol manusia
purba homo soloensis, homo wajakensis, dan homo floresiensis. Jika tombol nama
homo sosoensis di klik maka akan menampilkan penjelasan dan ciri-ciri homo
soloensis, begitupula jika mengklik nama manusia purba yang lain. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:
Gambar 4.1.7 Tampilan menu tentang manusia purba jenis
Homo
Sumber: Ratih Andriani
Gambar 4.1.8 Tampilan penjelasan tentang Homo Soloensis
Sumber: Ratih Andriani
Gambar 4.1.9 Tampilan ciri-ciri Homo Soloensis
Sumber: Ratih Andriani
Gambar 4.1.10 Tampilan penjelasan tentang Homo Wajakensis
Sumber: Ratih Andriani
Gambar 2.12 Tampilan penjelasan tentang Homo Floresiensis
Sumber: Ratih Andriani
1.
Tampilan Menu Video
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pada aplikasi Macromedia Flash
8 ini, selain bisa menjelaskan materi juga bisa memutar video. Manfaat dari
video ini, selain untuk meberikan informasi tentang pembelajaran.
Gambar 3.1 Tampilan menu video
Sumber: Ratih Andriani
III. PENUTUP
Pada bagian akhir artikel ini, penulis akan menyimpulkan Media pembelajaran adalah suatu alat
atau wahana yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran.
Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada
kegiatan belajar mengajar untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Maka dari itu
saya sebagai penulis ingin mencoba memotivasi minat belajar siswa dalam
pembelajaran sejarah dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8.
Macromedia Flash 8 merupakan sebuah program aplikasi standar (authoring tool profesional) yang
dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang merupakan aplikasi
yang dipakai dan digunakan untuk merancang grafis animasi.
Dengan adanya upaya meningkatkan minat siswa dalam
belajar sejarah dengan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 ini
penulis berharap dapat meningkatkan minat belajar siswa.
DAFTAR PUSTAKA
http://digilib.unila.ac.id/18663/3/0613024054-pendahuluan.pdf
[diunduh tahun 2018, Oktober, 23]
Ana Styana
Firrohmah. 2015. Pengembangan Media Animasi Menggunakan Adobe Flash Dalam Pembelajaran
Analisis Dinamika Litosfer Mata Pelajaran Geografi Kelas Sepuluh [skripsi].
Surakarta: Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Magdalia Alfian. 2011. Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. III, No.
2:1
Mustamid, Hendri Raharjo. 2015. Pengaruh Efektifitas
Multimedia Pembelajaraan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Invers. Jurnal EduMa Vol.4 No.1:4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar