Rabu, 04 April 2018

CRITICAL BOOK REPORT “TEORI DAN PRAKTEK KEPEMIMPINAN”

CRITICAL BOOK REPORT
 TEORI DAN PRAKTEK KEPEMIMPINAN


DI SUSUN OLEH :
KELOMPOK 1

RATIH ANDRIANI                                       (3172121008)
ANAN BAKRI UBIS                                    (3172121001)

KELAS : B REGULER
DOSEN PENGAMPU : Dra. Flores Tanjung, M.A
MATA KULIAH : KEPEMIMPINAN (SEMESTER I)

JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

2017













A.      Informasi Bibliografi Judul
Judul Buku                                : Teori & Praktek Kepemimpinan
Penulis                                       : Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A
Penerbit                                     : Rineka Cipta
ISBN                                         : 978-979-518-169-9
Tahun Terbit                              : 2010
Urutan Cetakan                          : Cetakan VI
Dimensi Buku                           : 21,5 cm
Tebal Buku                                : 192 hlm








B.      Kritik
Dalam buku yang ditulis Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A yang berjudul teori dan praktek kepemimpinan. Di buku yang ia tuliskan ini terdapat 7 bab, yaitu :

Bab 1 Membahas Tentang Pendahuluan
Bab 2 Membahas Tentang Tipologi Kepemimpinan
Bab 3 Membahas Tentang Fungsi-Fungsi Kepemimpinan Yang Hakiki

Bab 4 Membahas Tentang Analisis Kepemimpinan Berdasarkan Ciri-Ciri
Bab 5 Membahas Tentang Analisis Kepemimpinan Berdasarkan Perilaku
Bab 6 Membahas Tentang Model Kepemimpinan Berdasarkan Teori Situasional
Bab 7 Membahas Tentang Analisis Kepemimpinan Berdasarkan Teori Penerimaan
BAB I Pendahuluan
Pada bab satu ini, Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A membahas tentang dikotonomi pandangan tentang asal-usul kepemimpinan, pengalihan keberhasilan memimpin, konsistensi gaya kepemimpinan. Pada bab ini sub bab maupun paragraf yang di tulis penulis berkesinambungan ataupun saling berkaitan. Terdapat kekurangan pada bab ini, yaitu bahasa yang digunakan penulis terlalu tinggi sehingga sedikit menyulitkan para pembaca untuk memahami isi buku. Penulis menggunakan teknik argumentasi. Pada halaman 1, pada bab satu ini juga, penulis banyak menggunakan istilah-istilah yang kurang dipahami para pembaca. Contohnya seperti pada paragraf 1 di halaman 1 penulis menyebutkan esensialia kepemimpinan, pada halaman 2 paragraf ke 6 penulis menyebutkan "truisme", paragraf 7 menyebutakan "stakeholders", pada paragraf ke-8 penulis menyebutkan "clientele groups", pada paragraf ke-25 juga penulis menyebutakan sifat perennial, sementara penulis tidak menyebutkan apa yang dimaksud sifat perennial itu. Masih banyak lagi istilah-istilah yang disebutkan di bab ini. Pada bab ini juga ada menyebutkan contoh dari seorang pimpinan, yaitu Almarhum Jenderal Dwight D. Eisenhower dan Robert MacNamara. Selain itu, penulis juga melakukan kesalahan pada penulisan Karakteristik karena kebanyakan spasi, hal ini terjadi pada halaman ke-18, hal ini juga terjadi pada sub konsistensi gaya kepemimpinan di paragraf ke-17 halaman 21. Bab ini karena sesuai judul babnya yaitu pendahuluan jadi bab ini juga memuat kesimpulan dari semua bab, dari bab 2 sampai bab 7.
BAB II Tipologi Kepemimpinan
Pada bab dua yang ditulis Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A, penulis menyebutkan macam-macam tipe kepemimpinan, yaitu ada lima tipe kepemimpinan yang disebutkan beliau, seperti tipe yang otokratik, tipe yang paternalistik, tipe yang kharismatik, tipe yang laissez faire, dan tipe demokratik. Pada bab ini keterkaitan antar sub bab juga saling berkaitan. Isi dari sub bab juga sesuai dengan judulnya. Tipe-tipe kepemimpinan ini juga banyak di terapkan oleh para pemimpin. Walaupun tipe-tipe kepemimpinan ini ada yang bagus dan ada juga yang tidak bagus. Penulis juga menggunakan bahasa ilmiah ataupun bahasa yang baku, sehingga membuat para pembaca sukar untuk memahami isi buku. Teknik yang digunakan penulis juga teknik argumentasi, penulis lebih memuat hal-hali tentang pengalaman yang dialaminya, penulis juga memuat contoh-contoh di bab kedua ini. Lalu, pada paragraf satu di halaman 27 penulis kurang lengkap dalam penulisan. Pada bab ini juga penulis menggunakan tanda baca yang salah, penulis menggunakan tanda petik yang salah dalam penulisannya. Pada halaman 35 penulis juga menyebutkan istilah mengejawantah yang tidak dijelaskannya apa itu mengejawantah.
BAB III Fungsi-Fungsi Kepemimpinan Yang Hakiki
Jadi, pada bab ini Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A, menuliskan tentang fungsi-fungsi kepemimpinan yang hakiki, seperti pimpinan sebagai penentu arah, pimpinan sebagai wakil dan juru bicara organisasi, pimpinan sebagai komunikator yang efektif, pimpinan sebagai mediator, pimpinan selaku integrator. Bahasa yang di gunakan penulis masih baku, dan mengunakan teknik argumentasi juga, penulis lebih banyak memasukkan hasil dari pemikirannya tentang hal pernah di rasakan di sekelilingnya. Di halaman 50 penulis juga memuat gambaran perbandingan keputusan yang diambil oleh pejabat pimpinan, di halamn 56 juga penulis memuat gambaran tentang model dan proses komunikasi. Pada bab ini sama seperti bab sebelumnya, penulis banyak menggunakan tanda petik yang salah. Di bab ini penulis banyak menjelaskan tentang fungsi kepemimpinan secara mendalam dan di berikannya juga contoh sehingga walaupun bahasanya sedikit tinggi tapi membuat para pembaca mengerti tentang fungsi dari kepemimpinan.
BAB IV Analisis Kepemimpinan Berdasarkan Ciri-Ciri
Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A pada bab empat ini menuliskan ada 24 ciri-ciri kepemimpinan yang ideal, yaitu Pengetahuan umum yang luas, Kemampuan bertumbuh kembang, Sifat yang inkusitif, Kemampuan analitik, Daya ingat yang kuat, Kapasitaf integratif, Keterampilan berkomunikasi secara efektif, Keterampilan mendidik, Rasionalitas, Objektivitas, Pragmatisme, Kemampuan menentukan skala prioritas, Kemampuan membedakan yang urgen dan yang penting, Naluri tepat waktu, Rasa kohesi yang tinggi, Rasa relevasi yang tinggi, Keteladanan, Menjadi pendengan yang baik, Fleksibilitas, Ketegasan, Keberanian, Orientasi masa depan, Sikap yang antisipatif dan proaktif. Jadi pada bab ini memuat tentang pembahasan singkat dari masing-masing ciri-ciri kepemimpinan. Pada bab ini penulis juga masih menggunakan bahasa yang tinggi, tapi dengan bahasa yang tinggi ini walaupun rumit membuat para pembaca penasaran tentang buku ini dan penulis lebih menggunakan teknik argumentasi pada bab ini ataupun buku ini. Bab ini juga di berikan contoh-contoh oleh penulis. Pada halaman 76 penulis menuliskan pendekatan holistik, pendekatan inkrementalistik, dan atomistik tetapi penulis tidak menjelaskan apa pengertian dari pendekatan-pendekatan tersebut.
BAB V Analisis Kepemimpinan Berdasarkan Perilaku
Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A pada bab ke-5 ini masih menggunakan teknik argumentasi, penulis menuliskan buku ini sesuai buku-buku yang ia baca dan hasil pengamatan pengalaman orang-orang disekelilingnya. Ia membahas tentang studi kepemimpinan berdasarkan prakarsa struktur dan perhatian, perilaku berdasarkan orientasi pada bawahan dan produksi, kisi-kisi manajerial. Bahasa yang di gunakan masih tetap ilmiah. Pada halaman 125 penulis menggambarkan tentang kisi-kisi manajerial. Pada bab ini juga paragrafnya berkaitan satu sama lain dan ada contoh-contohnya juga sehingga memudahkan kita untuk memahami isi buku ini. Pada studi kepemimpinan berdasarkan prakarsa struktur dan perhatian, penulis menyebutkan bahwa pada studi ini sudah di lakukan melalui penelitian oleh universitas Ohio State, Negara bagian Ohio, Amerika Serikat.
BAB VI Model Kepemimpinan Berdasarkan Teori Situasional
Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A pada bab enam ini ada lima model yang dikenal luas diidentifikasikan dan dibahas secara singkat, yaitu model kontinuum “otokratik-demokratik”, model “interaksi atasan-bawahan”, teori situasional, teori “jalan-tujuan”, model “pimpinan-peranserta bawahan”. Pada bab ini juga penulis menjelaskan secara mendalam tentang model kepemimpinan, dan pada halaman 131 penulis memuat gambar pengambilan keputusan. Pada bab ini juga penulis memberikan contoh pemimpin dalam model “interaksi atasan-bawahan”, yaitu peneliti terkenal yang bernama Fred Fielder. Pada bab ini juga masih banyak kesalahan dalam menggunakan tanda petik. Tentang model “interaksi atasan-bawahan” pada halaman 136 penulis juga memberikan gambarannya. Paragraf pada bab ini juga saling berkaitan. Pada halaman 141 penulis menggambarkan model kepemimpinan situasional dan pada halaman 143 penulis menggambarkan tentang persamaan model kepemimpinan yang bersifat situasional dengan kisi-kisi manajerial. Pada halaman 146 penulis menggambarkan bagan tentang teori “jalan-tujuan” yang merupakan salah satu model kepemimpinan, dan pada halaman 150 penulis juga menggambarkan tentang “pohon keputusan” yang merupakan konsep-konsep yang terdapat dalam model “pimpinan-peranserta bawahan”. Jadi pada bab ini selain digambarkan konsep-konsep tersebut penulis juga menjelaskan tentang gambaran-gambaran yang dimaksud sehingga memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari gambaran tersebut.
BAB VII Analisis Kepemimpinan Berdasarkan Teori Penerimaan
Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A pada bab tujuh ini penulis mencoba menyoroti kepemimpinan dikaitkan dengan manusia yang dipimpin, jadi materi yang dibahas pada  bab ini hanya pada berbagai kepentingan dan kebutuhan manusia dikaitkan dengan kepemimpinan. Kategori kepentingan dan kebutuhan yang akan dianalisis ialah kepentingan politik, kepentingan ekonomi dan kepentingan sosial dari manusia dengan jati diri yang khas. Pada bab ini juga masih mengunakan teknik argumentasi dan setiap paragraf pada bab ini juga saling berkesinambungan ataupun berkaitan. Pada bab ini juga penulis membahasnya dengan secara mendalam. Menurut saya juga spacing before/after pada bab ini maupun pada buku ini juga masih ada yang berantakan.
Demikianlah kritisi yang pembaca tulis dalam buku Teori & Praktek Kepemimpinan yang ditulis oleh Prof. Dr. Sondang P Siagian, M.P.A. Jadi, dapat kami simpulkan bahwa buku ini sangat bagus untuk di jadikan pedoman untuk menjadi pemimpin. Kelebihan dari buku ini adalah dari segi bahasanya sangat bagus dan rapi serta juga sopan dan santun, hanya saja bahasa yang di tuangkan dalam buku ini memang terlalu tinggi ataupun ilmiah, buku ini juga banyak sekali memberikan pelajaran-pelajaran dan menjadi inspirasi bagi setiap orang yang membacanya dan dapat menerapkannya didalam kehidupan nyata.
Harapan saya kepada buku ini semoga kedepannya menjadi buku yang bahasa dan kata-katanya lebih kritis dan lugas lagi dalam memyampaikan pelajaran-pelajaran yang menyangkut tentang kepemimpinan



Tidak ada komentar: